ABSTRAK
Ayu Krismayatin,
2016. Nilai-nilai Sosial dalam Novel Suti
karya Sapardi Djoko Damono sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra dan Model
Pembelajarannya di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wiralodra
Indramayu.
Karya
sastra merupakan ekspresi pengarang berdasarkan pengamatannya terhadap kondisi
masyarakat sehingga karya sastra itu menggugah perasaan orang untuk berpikir
tentang kehidupan. Melalui
karya sastra pembaca dapat menambah pengetahuannya tentang pola kehidupan
masyarakat karena karya sastra banyak mengandung nilai sosial, budaya, agama,
moral dan pendidikan. Karena itu, latar
belakang penelitian ini didasarkan pada unsur ekstrinsik yaitu nilai sosial. Rumusan masalah penelitian ini sebagai
berikut (1) Bagaimanakah
struktur novel Suti karya Sapardi
Djoko Damono?; (2) Bagaimanakah nilai-nilai sosial yang terkandung dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono?; (3)
Apakah novel Suti karya Sapardi Djoko
Damono dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA?; (4) Model
pembelajaran apakah yang tepat digunakan untuk pembelajaran novel Suti karya Sapardi Djoko Damono?
Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan
teknik pustaka, dokumentasi dan analisis data dari novel Suti karya Sapardi Djoko Damono.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan
sebagai berikut, struktur yang terkandung dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono yaitu tema, tokoh dan penokohan,
alur, latar dan sudut pandang, nilai-nilai sosial dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damomo meliputi
tolong menolong, kasih sayang, selalu optimis, mampu menjaga amanat, kebiasaan
bergunjing yang tidak boleh dicontoh dan tidak mudah terpengaruh orang lain, novel
Suti karya Sapardi Djoko Damono dapat
dijadikan sebagai bahan ajar sastra di SMA karena memiliki kriteria ketiga
aspek bahan ajar yaitu aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang
budaya siswa dan model role playing dalam
pembelajaran sastra novel sangat kreatif sehingga patut di uji cobakan oleh
setiap guru untuk siswa dalam pembelajaran langsung.
Bagi
peneliti selanjutnya dapat dimunculkan ide-ide baru untuk menumbuhkan jiwa
kreatif dan inovatif dalam karya sastra khususnya tentang novel untuk
mengadakan penelitian dari sudut lain seperti nilai-nilai religius dan konflik
batin tokoh utama novel Suti karya
Sapardi Djoko Damono.
Kata kunci : nilai sosial, novel Suti, bahan ajar dan model pembelajaran
DAFTAR PUSTAKA
Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pers.
Admin.
2013. Syarat Terjadinya Interaksi Sosial.
Diakses 22 Mei 2016 dari Kumapel. http://kumapel.blogspot.co.id/2013/02/syarat-terjadinya-interaksi-sosial.html
Aminudin.
2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra.
Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.
Asmani,
Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM.
Jogjakarta: Diva Press.
Damono, Sapardi Djoko. 2016. Suti. Jakarta: Kompas.
Endraswara,
Suwardi. 2006. Metode Penelitian Sastra.
Yogyakarta: Pustaka Widyatama
Endraswara,
Suwardi. 2012. Metodologi Penelitian
Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Cans Publishing.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriana, Dina. 2011. Mengenal
Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Jogjakarta: Diva Press.
Iskandarwassid, Dadang Sunendar.
2013. Strategi Pembelajaran Bahasa.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Joyce,
Bruce dkk. 2011. Models Of Teaching.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tentang
Silabus Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas kelas XII.
Khairunisya,
Puspita. 2011. Sosiologi Sastra.
Diakses 28 Juni 2016 dari Pypyt Khairunisya. http://pypyt-khairunisya.blogspot.co.id/2011/12/sosiologi-sastra.html
Kharisma,
Falah. 2015. Pengertian Nilai dan
Macam-macam Nilai. Diakses 31 Desember 2016 dari Falah Kharisma. http://falah-kharisma.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-nilai-dan-macam-macam-nilai.html
Kohar,
Dadun. 2014. Bahan Perkuliahan
Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia. Indramayu: Universitas Wiralodra
Indramayu.
Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.
Nurgiyantoro,
Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Permatasari, Indah. 2014. Kamus
Lengkap EYD. Jakarta: Dan Idea.
Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra Dengan Ancangan Literasi
Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.
Purba,
Antilan. 2012. Sastra Indonesia
Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahmanto.
2005. Metode Pengajaran Sastra.
Yogyakarta: Kanisius.
Rahmat. 2011. Pembelajaran Sastra
Indonesia di Sekolah. Diakses 28 Juni 2016 dari Guru Pembaharu.http://gurupembaharu.com/home/pembelajaran-sastra-indonesia-di-sekolah-membandingkan-harapan-dan-realita-yang-dapat-diwujudkan/
Ratna,
Nyoman Kutha. 2013. Paradigma Sosiologi
Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Semi, Atar.
2012. Metode Penelitian Sastra.
Bandung: CV Angkasa.
Setiadi,
Elly dkk. 2005. Ilmu Sosial dan Budaya
Dasar. Bandung: Kencana.
Sugiyono. 2013. Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Alfabeta.
Sulistyorini, Dwi. 2016. Nilai Moral dalam Cerita Rakyat sebagai Sarana Pendidikan Budi Pekerti.
Diakses 31 Desember 2016 dari Ki Demang Sukowaten. http://ki-demang.com/kbj5/index.php/makalah-komisi-b/1147-13-nilai-moral-dalam-cerita-rakyat-sebagai-sarana-pendidikan-budi-pekerti/
Sunarto,
Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi.
Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Tim Fakultas Keguruan
Ilmu Pendidikan Universitas Wiralodra. 2016. Pedoman Penuliasan Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia. Indramayu: Universitas Wiralodra.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
Wikipedia.
2004. Sapardi Djoko Damono. Diakses 28 Juni 2016 dari Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Sapardi_Djoko_Damono
Tidak ada komentar:
Posting Komentar