Selasa, 17 Mei 2016

Etika dan Moral itu Penting , Tanpanya Pendidikan Setinggi Apapun Nothing



Secara prinsipil pendidikan adalah suatu proses usaha manusia untuk memanusiakan anak manusia. Dalam hal ini pendidikan adalah kegiatan memanusiakan anak manusia tidak pada jenis makhluk yang lain dan sesungguhnya setiap anak manusia yang lahir membawa nilai-nilai kehidupan. Maka, pendidikan tidak hanya membentuk peserta didik secara kognitif saja, melainkan juga secara afektif dan psikomotor. Pendidikan bukan hanya nilai di atas kertas. pendidikan adalah wadah berkomunikasi, berteman, belajar, saling menghargai dan pembentukan moral. Anak yang mendapatkan bekal yang semacam inilah yang akan mampu mempengaruhi, memajukan, bahkan mengubah kehidupan masyarakat ke arah kehidupan yang lebih baik.

Moral dapat dimaknai sebagai nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Sedangkan etika adalah sesuatu yang dianggap baik dan buruk sesuai dengan apa yang diketahui oleh pikiran. Dapat dikatakan bahwa etika adalah dasar terbentuknya moral suatu masyarakat. Moral tidak akan terbentuk tanpa adanya etika. Berbicara tentang pendidikan moral dan etika dalam dunia pendidikan di Indonesia sekarang ini sangat menyedihkan. Banyak pelajar saat ini tidak terlalu memperdulikan moral dan etika melainkan hanya mementingkan kecerdasan intelektualnya saja. Seperti kita lihat sekarang ini, para pelajar yang telah lulus hanya memamerkan title mereka, biaya sekolah mereka yang mahal, dan tempat ternama mereka belajar namun etika dan moral mereka masih dipertanyakan.

Kasus-kasus seksual yang terjadi belakangan ini, bukti bahwa pendidikan moral di Indonesai sangatlah lemah. Sebut saja salah satu kasus pemerkosaan yang sangat fenomenal di media sosial sekarang. YY, seorang siswa SMP yang telah diperkosa 14 orang ketika dia pulang dari sekolah. Enam dari 14 pelaku pemerkosa dan pembunuhnya adalah anak dibawah umur bahkan, 2 diantaranya adalah kakak kelasnya sendiri. Kasus ini mendapat banyak kecaman dari berbagai pihak bahkan presiden Joko Widodo. Hingga pengguna media sosial twitter dan facebook serempak membuat hastag #NyalaUntukYuyun sebagai bentuk keprihatinan mereka. Seperti terlihat dari beberapa kicauan pengguna twitter belakangan ini. 

           Belum tuntas kasus tersebut muncul kembali kasus pemerkosaan yang terjadi di Sulawesi Utara, gadis berusia 19 tahun itu telah diperkosa oleh 19 orang pria. Mirisnya, dua diantara pelaku yang memperkosanya diduga adalah oknum polisi. Oknum polisi yang dimata kita sebagai orang berwibawah karena memiliki pendidikan yang tinggi ternyata memiliki moral yang sangat buruk. Potret tersebut menunjukan kepada kita bahwa pendidikan moral di Indonesia perlu dibenahi kembali. Selain itu kita secara pribadi harus mempertebal penjagaan diri dengan pendidikan agama agar terhindar dari hal-hal yang negatif. Karena setinggi apapun pendidikan yang kita miliki jika tidak dibekali dengan moral dan etika itu tidak akan ada apa-apanya. Pendidikan ada adalah untuk merubah manusia menjadi lebih baik secara moral dan etika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar